HERBALIFE KAN MLM dan MLM KAN HARAM...??

Pagi-pagi ini saya mendapat BBM dari salah seorang Team Member bisnis saya yang heboh banget curhat, sebut saja namanya mbak Sari "Pak Hadi saya punya calon customer yang bagus, dan sangat semangaat banget di bisnis herbalife dan mau bergabung dengan group kita ( group www.sehatway.com), namun ketika pulang dari acara pertemuan team dan beliau cerita ke suaminya dengan semangat tentang bisnisnya, suaminya langsung marah-marah dan melarang istrinya untuk menjauh dan jangan lagi-lagi mendekat ke bisnis kita ini, karena bisnis kita ini kan MLM, dan MLM itu haram hukumnya....gimana saya menjelaskannya ya pak Hadi....?"

Saya tersenyum dengan BBM itu, dan dan BBM nya saya jawab dengan emoticon ketawa ngakak...dan saya tulisin "Mbak Sari, Welcome to Herbalife...wkwkwkwkw...."

Hehehe pasti dia Keki, kok jawaban saya begitu..?

Saya lanjutin lagi "Enggak apa-apa mbak, masih banyak orang lain kok...yang menyita perasaan seperti itu tinggalin saja cari yang lain...hehehe....mereka  bersikap begitu karena belum faham saja, dan Mbak Sari terus saja bergerak, mereka pasti akan mengamati, lama-lama mempelajari herbalife, dan pada suatu saat mereka akan faham akan kesalahan mereka, dan akhirnya merekalah yang akan mengejar-ngejar mbak Sari...hehehe...

Begitulah salah satu contoh cerita serunya bisnis herbalife ini, dan cerita seperti ini biasa saya alami di bisnis ini, dan saya menghadapinya dengan santai karena saya sendiripun sampai akhirnya sangat srius di bisnis herbalife itupun karena pernah melewati pertanyaan besar yang sama dengan mereka, misalnya
  1. Produk ini halal apa enggak
  2. Ini kan produk buatan Amerika, apakah kehalalannya tidak meragukan..?
  3. Kalaupun  produknya halal, apakah sistem bisnisnya halal..? ini kan MLM..?
Teman-teman, awal-awal saya menjalani bisnis ini pertanyaan yang sama selalu berkecamuk dalam pikiran saya, ini baik enggak, haram apa halal, Toyib apa Toyib.....rasa penasaran itu membuat saya terus melangkah mendatangi acara-acara herbalife, dan saya selalu aktif tanya jawab dengan beberapa orang yang menurut saya layak/berkompeten ilmunya  untuk menjawab pertanyaan mendasar dari saya, yakni  " APAKAH PRODUK DAN SISTEM BISNISNYA HERBALIFE HALAL..?"

Alhamdulillah...tenkyu ya Allah...pertanyaan itu terjawab ketika kami mengikuti sebuah acara akbar, event tahunan herbalife, yang namanya EXTRAVAGANZA tahun 2011 di Bangkok. Pada kesempatan itu kami menginap di sebuah hotel dengan pasangan yang sangat istimewa yang menjadi guru rujukan saya, sepasang suami istri namanya Pak Sirajudin  dan Mbak Nini, beliau sahabat kami dari Makassar

"Nhaaaa...kebetulan nih..!" pikir saya.... Mbak Nini ini muslimah yang kemana-mana pakai Cadar Hitam, dan Pak Sirajudin juga mirip sekali dengan kawan-kawan saya di kantor dulu yang kalau pakai celana agak cekak sedikit...jadi saya akan jadikan kesempatan acara di Bangkok itu sekaligus sebagai ajang penggalian dan pemantapan hati, saya maanfaatkan untuk diskusi dari A ampai Z tentang halal haramnya herbalife baik produk maupun system, terutama secara system, karena kalau produk sangat mudah menjawabnya, tingggal tunjukkin bukti pengesahan dari lembaga halal-haram kan..?

Penjelasan secara sistem inilah yang saya masih bingung, kata mbak Nini....
"Mas Hadi, kalau mas Hadi memikirkan 2 sampai 3 bulan tentang halal-haram hingga akhirnya mau join ke herbalife, saya membutuhkan waktu 2 tahun menyelidikinya..!  Yaaa...butuh 2 tahun untuk mengkaji halal atau haramnya herbalife  bersama kelompok/komunitas saya"

"Dan saya menarik kesimpulan yang sangat mantap, dan saya pakai itu sebagai pondasi keyakinan saya, bahwa herbalife ini menurut saya HALAL dan TOYIB, baik produk maupun sistem bisnisya"

Dan pernyataan mbak Nini itu membuat saya makin mantap, untuk seseorang yang kemana-mana bercadar seperti itu, tentu saya tingkat kehati-hatian dan kewaspadaannya lebih tinggi, seperti temen-temen saya yang bercadar di kampung saya ketika saya SMA dan kuliah dulu,  mereka saya anggap beberapa level lebih tinggi dari saya.

Dan yang lebih surprise lagi, di acara pertemuan distributor Herbalife se ASIA Pasifik itu saya juga bertemu dengan banyak sekali distributor-distributor yang berasal dari Timur Tengah,
mereka datang dengan baju kebanggannya jubah dan gamis seperti yang terlihat lalu lalang di sekitar Mekah dan Medina ketika saya pergi  haji dulu...mereka datang dari Libanon, dari Turki dan ada yang dari Abu Dhabi, dan kebanyakan mereka masih kuliah di Australia,
mereka mau datang ke acara ini, karena tahu persis sebentar lagi Herbalife akan masuk juga ke negara-negaran mereka..hehehe..pinter yaa...mereka mencuri start..!!

"Mbak Nini, ini kan produk Amerika, menurut mbak Nini bagaimana..?" Tanya saya ke Mbak Nini..

"Ya No Problem...untuk urusan bisnis, perdagangan, kita boleh berdagang dengan siapapun,  dan produk ini sudah jelas-jelas bagus, 100% bagus dan saya sudah meresakan betapa hebatnya produk ini di tubuh saya, dan memperbaiki kesehatan saya,bdan saya jadi enak dan akhirnya saya makin rajin dan enjoy beribadah..." katanya...

hehehe...saya jadi inget, kedelai -kedelai yang kita makan sudah jadi tempe itu juga ternyata sebagian besar diimport dari Amerika yaa....wkwkwkw...

Kata mbak Nining lagi " dari jaman dahulu kala, yang namanya sumber pengobatan itu datangnya dari selalu dari Negara Timur terutama China, dan herbalife ini kan sebelumnya berasal dari ramuan tradisional China, yang akhirnya di kembangkan secara modern dan pabrikasinya di Amerika "

" Kalau nanti Indonesia sudah bisa memperoduksi produk yang hebat seperti ini, ya kita bisa beralih ke produk Indenesia, tapi kalaupun tidak beralih, siapa yang bilang produk makanan dari Amerika haram..? Tidak ada dasarnya kan..?" kata mbak Nini lagi..

"Herbalife ini bukan money game, orang yang diatas itu bisa dapat royalti dari yang dibawah-bawahnya, namun itu wajar saja karena mereka  dibayar royaltinya oleh perusahaan,  karena sebagai apresiasi sudah bekerja keras mengajar para downline-downlinnya sampai downlinenya berhasil, dan mereka buka orang yang berpangku tangan, atau orang-orang yang hanya merekrut member tahu-tahu ada uang mengalir dengan mudah ke rekeningnya, bukan seperti itu, disini setiap saat kita herus bekerja keras, sampai level yang tertinggi  sekalipun..!"

"Bahkan di tangan orang yang tepat, produk ini bisa dijadikan sarana hebat buat menebarkan kebaikan, terutama dalam hal ilmu tatalaksana makanan. Ilmu itu di agama kita kan hanya dicontohkan lewat pengajian-pengajian bahwa makanan yang baik adalah makan ala Rasullullah caranya begini-begini-begini..... namun lihatlah pelaksanannya, tidak  banyak yang melakukannya, mayoritas tidak tahu ilmunya atau bingung bagaiman mengaplikasikan secara realnya bagimana"

hehehe...pikiran saya melayang ke kampung saya, saya kadang ikut pengajian berkala di pesantren, dan saya terbayang ustadz-ustadz nya gemuk-gemuk sekali yaa....hehehe....benar juga apa kata mbak Nini...

Disinilah, di bisnis herbalife ini kita kita bisa belajar arti yang sesungguhnya dari ungkapan "Hidup ini untuk makan, atau Makan untuk Hidup..?" yess..jawabannya kita makan-makanan yang sehat agar kita hidup.

Dan saya jadi inget kata-kata Jim Rohn "Tubuh kita ibarat rumah, dan nyawa kita adalah penghuninya, bila kita tidak rawat tubuh kita dengan benar,  maka penghuninya sangat mungkin akan cepat pergi..." hehehe...bener enggak kata-kata ini yaa....
 
Terima Kasih mbak Nini atas Inspirasinya, dan semoga tulisan ini sedikit menjawab kalau ada temen-temen yang ragu-ragu atau ada pertanyaan dari customer seperti yang tertulis di awal tulisan ini, semoga makin mantap dan semangat di bisnis herbalife ini, seperti saya,  dan saya justru berusaha lewat kendaraan inilah saya ingin ikut andil menebarkan kebaikan dimana-mana...karena kalau badan kita sehat, maka akal kita pun jadi berpikir lebih sehat...!

Semoga tulisan diatas anda maanfaatnya, bila ada kata saya yang salah mohon jangan dijadikan polemik, karena kesimpulan-kesimpulan saya sifatnya adalah opini saya pribadi.

Salam Dahsyat..!!

Hadi Kuntoro
www.hadikuntoro.com
www.sehatway.com

Note Apakah anda sudah melihat website dahsyat saya, yang akhirnya 2 tahun terakhir ini membuat saya melanglang buana menjadi pembicara di seminar-seminar Weight Management di Seluruh Indonesia..? lihat selengkapnya di www.sehatway.com

4 komentar:

CaraMenjadiAgenPulsa mengatakan...

Selamat dan sukses pak dengan bisnisnya semoga lancar, dan yang penting halal..

Anonim mengatakan...

http://pengusahamuslim.com/tanya-jawab-bagaimana-hukum-bisnis-mlm

Unknown mengatakan...

mas hadi, saya sdh gabung herbalife, ttg kehalalan produk msh ada yg mengganjal. utk sertifikasi MUI mmg ada tp tdk semua produk,bgm penjelasannya?. khusus utk trishield saya cari di ifanca pun blm ada sertifikatnya,mhn pencerahannya. abi-08125009101.trims

Unknown mengatakan...

asw. mas hadi, mhn pencerahannya. saya sdh jd distributor herbalife, tp msh ada keraguan ttg kehalalannya, mmg utk sertifikasi dr MUI tdk semua produk; tp khusus trishield saya cek di Ifanca jg belum ada,mhn bantuannya. trimakasih